Headline News

header-int

PESSEL LAUNCHING BERAS RAJO PASISIE SEBAGAI BERAS UNGGULAN

Rabu, 12 Des 2018, 11:53:49 WIB - 47 | Administrator
PESSEL LAUNCHING BERAS RAJO PASISIE SEBAGAI BERAS UNGGULAN

         Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Pesisir Selatan melaksanakan Launching Beras “Rajo Pasisie” dengan varietas Cisokan Kubang sebagai beras unggulan dan beras khas daerah Pessel pada Rabu 28 November 2018 di Kecamatan Bayang. Launching beras Varietas Cisokan Kubang ini dihadiri sejumlah OPD terkait antara lain, Kepala Dinas Pangan, kepala Bappedalitbang, Kepala DPMPPTSP Pessel, Kepala Dinas Koperindag Pessel ,Anggota DPRD Provinsi Sumbar Dr Risnaldi, Camat Bayang, Wali Nagari dan tokoh masyarakat.

            Launching beras “Rajo Pasisie” dilaksanakan oleh Bupati yang diwakili oleh Kepala Bapedalitbang Yosky Wandri. Yoski mengatakan, sesuai dari Hasil uji Labor Dinas Pertanian, ternyata beras produksi nagari Kubang berkualitas tinggi sama dengan kualitas beras Solok. “Beras Kubang memiliki rasa enak dikonsumsi oleh keluarga, bahkan hasil pertanian masyarakat ini diburu oleh saudagar yang datang dari luar daerah,” saat ini beras Rajo Pasisie bisa diperoleh di kelompok tani dengan harga yang sangat terjangkau yaitu Rp. 130.000/karung 10 kg kata Wali nagari Kubang Novriadi di kantornya,Kamis (29/11).

            Kepala Distanhortbun, Jumsu Trisno menambahkan, beras Rajo Pasisie dengan varietas Cisokan Kubang saat telah memasuki pasar komersil sebagai produk asli pessel, kepala dinas juga berharap produk beras lokal ini mampu menjadi branding khusus yang bisa menaikan citarasa beras di daerah ini. Masyarakat yang berminat

         Sebagai salah satu daerah penghasil beras terbesar di Sumatera Barat, sudah selayaknya daerah ini memiliki beras merek sendiri yang menjadi icon daerah, yang diolah langsung oleh masyarakat di pessel dengan kwalitas dan rasanya tentu saja tidak kalah dengan beras-beras dari daerah lain. Dengan semakin dikenal luasnya beras merek Rajo Pasisie ini, maka diharapkan beras Pessel juga diperhitungkan dipasaran dan padi masyarakat tidak lagi dijual keluar daerah dalam bentuk gabah tapi sudah diolah oleh masyarakat dalam bentuk beras yang dikemas dengan merek “ Rajo Pasisie”sehingga kehidupan petani pessel bisa semakin membaik  .

            Saat ini inovasi kita terhadap produk semakin baik yaitu dengan adanya kemasan beras bermerek dengan nama Rajo Pasisie. Inovasi memegang peranan penting dalam setiap program kegiatan maupun terhadap produk pertanian. Pada beberapa kecamatan di Pessel terdapat varietas beras unggulan yang bisa diolah menjadi beras unggul Rajo Pasisie, diantaranya varietas Sarai Sarumpun, Cantik Manis, Banang Salai, Sewai dan varietas bawaan (yang telah dilepas sebagai padi unggul Pessel pada tahun 2014)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan portal resmi Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Pesisir Selatan Rela mengabdi untukmu Petani, Pertanian Maju Nagari Makmur Sejahtera dan Bekerja dengan Hati Membangun Pessel Maju, Tidak ada kata Kalah kalau tidak Menang
© 2019 Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan. Follow Me : Facebook Youtube