Headline News

header-int

PELATIHAN CORN COMBINE HARVESTER ( ALAT PANEN DAN PEMIPIL JAGUNG )

Jumat, 15 Mar 2019, 14:56:45 WIB - 35 | Administrator
PELATIHAN CORN COMBINE HARVESTER ( ALAT PANEN DAN PEMIPIL JAGUNG )

Painan, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Pesisir Selatan, mengadakan acara pelatihan Corn Combine Harvester (Alat Panen dan Pemipil jagung) di Kelompok Tani Kayu Sabatang Kec. Ranah Pesisir yang dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Pesisir Selatan, Kasi Alsintan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat,Operator Corn Combine Harvester dari Kabupaten Agam, Balai Mekanisasi Pertanian (BMP) Bukittinggi, Kota Padang, dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan menyampaikan bahwa Corn Combine Harvester merupakan mesin pemanen padi yang telah dimodifikasi dan direkayasa menjadi alat panen jagung.  Corn Combine Harvester ini mempunyai beberapa keunggugulan diantaranya mempersingkat waktu proses panen, panen seluas 1 Ha memakan waktu 7 jam, sedangkan cara konvensional membutuhkan waktu 5 hari, jagung langsung dalam bentuk pipilan, lebih efesien, aman, serta bisa menekan susut hasil, dan biaya mekanisasi alat lebih rendah. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan petani dapat menggunakan Corn Combine Harvester secara optimal dalam rangka meningkatkan nilai tambah dan menekan susut hasil komoditi jagung. 

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan portal resmi Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Pesisir Selatan Rela mengabdi untukmu Petani, Pertanian Maju Nagari Makmur Sejahtera dan Bekerja dengan Hati Membangun Pessel Maju, Tidak ada kata Kalah kalau tidak Menang
© 2019 Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan. Follow Me : Facebook Youtube