Headline News

header-int

KEPALA DINAS PERTANIAN SERAHKAN BENTOR DAN MESIN PENCACAH RUMPUT KEPADA KELTAN PENERIMA BANTUAN UPPO

Senin, 17 Des 2018, 10:08:21 WIB - 84 | Administrator
KEPALA DINAS PERTANIAN SERAHKAN BENTOR DAN MESIN PENCACAH RUMPUT KEPADA KELTAN PENERIMA BANTUAN UPPO

PAINAN, dua kelompok tani di Kabupaten Pesisir Selatan yaitu keltan Jaso Nagari Lumpo dan Keltan Bayang Bungo Nagari Kapujan menerima bantuan dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Pesisir Selatan berupa Bentor roda tiga dan mesin pencacah kompos serta dana untuk pembangunan Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO), masing-masing dengan total Rp. 150 juta. Penyerahan dilakukan langsung oleh Kepala Distanhortbun, Dr. Jumsu Trisno, M.Si  yang diserahkan di halaman Kantor Dinstanhortbun Kab. Pesisir Selatan pada 10 Desember 2018.

Dalam sambutannya, Jumsu Trisno mengatakan, program UPPO merupakan upaya pemerintah mendukung petani dalam kemandirian pupuk organik. Melalui program UPPO Dinas Pertanian memberikan bantuan dana untuk membangun rumah kompos, alat pengolah pupuk organik (mesin pencacah kompos), kendaraan roda tida sebagai sarana angkutan, dan bangunan kandang ternak komunal, serta ternak sapi, ternak yang dibantu untuk kegiatan UPPO bukan difokuskan untuk budidaya tapi diharapkan kelompok lebih mengutamakan untuk pemanfaatan kotoran ternak sebagai bahan pengolahan pupuk kompos, namun jika bisa dibudidayakan juga akan lebih bagus.

Melalui program bantuan UPPO, petani bisa mengolah sendiri bahan-bahan seperti jerami, sisa tanaman, limbah ternak dan sampah organik untuk diolah menjadi pupuk organik. Mengoptimalkan pemanfaatan limbah kotoran hewan sebagai bahan baku kompos sehingga bisa menyediakan pupuk organik bagi petani secara mandiri dan terus menerus. Bantuan yang diberikan tersebut, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan anggota khususnya dan petani pada umumnya. Dan tentu tidak semua kelompok tani di Kabupaten Pesisir Selatan bisa memperoleh bantuan UPPO ini, karena keterbatasan dana dan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi, ujar kadis.

Kasi Produksi, Algusri berharap kepada pengurus dan dan anggota kelompk tani yang tergabung dalam kegiatan UPPO agar ternak hendaknya diberi makan pada kandang yang telah disediakan, ternak jangan dibiarkan lepas berkeliaran guna untuk memaksimalkan kotoran ternak yang dihasilkan juga demi menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan portal resmi Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Pesisir Selatan Rela mengabdi untukmu Petani, Pertanian Maju Nagari Makmur Sejahtera dan Bekerja dengan Hati Membangun Pessel Maju, Tidak ada kata Kalah kalau tidak Menang
© 2019 Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan. Follow Me : Facebook Youtube