Headline News

header-int

Kelompok Tani Murni Panen Bawang Merah, Hasinya Fantastik

Jumat, 15 Mar 2019, 16:47:26 WIB - 24 | Administrator
Kelompok Tani Murni Panen Bawang Merah, Hasinya Fantastik

Painan-Kelompok Tani Murni yang merupakan binaan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Pesisir Selatan kemaren ( 14/3/19 ) menggelar panen perdana bawang merah. Kelompok Tani ini berlokasi di Sungai Sirah Nagari Amping Parak Kecamatan Sutera.

Panen yang dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Pesisir Selatan ini menunjukkkan hasil yang sangat membanggakan. Dari lahan seluas lebih kurang 1 (satu) Hektar, didapatkan hasil panen basah sebanyak 24 ton dan jika dikurangi kadar air 45-40 % di dapat hasil panen kering 12-13 ton. Dengan harga bawang merah saat ini mencapai Rp. 24.000/kg, sementara perkiraan biaya usaha tani Bawang Rp. 50.000.000, maka petani dapat meraup untung paling kurang Rp 150.000.000 dalam 3 (tiga) bulan.

Dikutip dari sambutan Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Ir.Nuzirwan,N.MT, Kecamatan Sutera merupakan Kecamatan yang dipilih sebagai lokasi sentra pengembangan bawang merah di Kabupaten Pesisir Selatan. Diharapkan Kelompok Tani Murni bisa menjadi motivator bagi petani lain dalam mengembangkan bawang merah di kabupaten Pesisir Selatan. 

Bibit bawang merah yang ditanam Kelompok tani Murni bukan bibit sembarangan, lebih lanjut Kepala Dinas mengungkapkan bibit yang ditanam adalah varietas lokal SS Sakato. Bibit ini dikembangkan alih Teknologinya oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat dalam bentuk biji dan pertanian organik.

Saat diwawancarai pada panen tersebut, Ketua Kelompok Tani Murni,Bapak Busril,menjelaskan bahwa dia sudah memulai usaha tani bawang merah ini sejak tujuh tahun lalu. . " kami akan terus mengusahakan tanaman ini meskipun tidak ada bantuan Pemerintah karena usaha tani ini lebih menguntungkan dari usaha tani sayur lainnya.Kamis ( 14/03/2019)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan portal resmi Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Pesisir Selatan Rela mengabdi untukmu Petani, Pertanian Maju Nagari Makmur Sejahtera dan Bekerja dengan Hati Membangun Pessel Maju, Tidak ada kata Kalah kalau tidak Menang
© 2019 Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan. Follow Me : Facebook Youtube